Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dengan Template Responsive Keren

Hai, selamat datang di blog Klik Info Net, tidak lupa salam kenal ya.... Oh iya tidak lupa juga salam netter. Ini adalah tutorial terbaru tentang Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dengan Template Responsive Keren. 

Meskipun sebenarnya pembahasan tentang cara membuat blog ini adalah tutorial yang sangat banyak tersebar di internet karena memang perkembangan website atau blog yang sangat pesat telah mempengaruhi banyak kebiasaan masyarakat dalam mencari informasi dengan segala kemudahannya.

Walaupun sudah banyak tutorial tentang Cara Membuat Blog, tapi saya merasa perlu mempostingnya lagi karena teknologi untuk membuat blog ini terus berubah dari hari ke hari dan informasi yang akan saya sampaikan ini adalah cara membuat blog gratis Blogger dengan cara terbaru dengan memanfaatkan template blog responsive gratis supaya blog yang kita buat lebih gadget friendly karena seperti kita tahu internet sekarang bukan hanya diakses melalui komputer tetapi lebih dari setengahnya ternyata para netter ini menggunakan perangkat mobile seperti handphone, smartphone, tablet atau gadget lainnya dengan berbagai flatform sistem operasi dan berbagai browser. Tutorial ini juga saya buat atas dorongan adik-adik saya yang sering menanyakan tentang bagaimana cara bikin blog keren gratis di Blogspot.

Tentang Blogger atau Blogspot

Blogger adalah merupakan layanan blog gratis yang bisa kita manfaatkan untuk membuat blog pribadi atau bahkan membuat website untuk produk atau perusahaan anda. Sebelum Blogger diakuisisi dan menjadi milik Google pada tahun 2003, Blogger adalah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs yang didirikan oleh  Evan Williams dan Meg Hourihan.

Blogger mempunyai subdomain .blogspot.com, jadi jika anda mendaftar sebuah personal blog, anda bisa memiliki sebuah alamat blog dengan alamat http://namaanda.blogspot.com, ini artinya secara gratis semua data blog anda disimpan atau dihost oleh server Google. Jika anda ingin mengganti alamatnya dengan sebuah Top Level Domain (TLD) seperti .com, .net, .org, .co.id dan lain-lain, anda bisa melakukan setting di fitur Custom URL yang ada di Blogger setelah membeli domain di layanan penyedia domain. Inilah alasan mengapa Blogger menjadi sebuah layanan publish blog terbesar di dunia yaitu karena dengan fasilitas secanggih ini semuanya gratis bagi para netter di mana saja termasuk saya dan anda atau para bloger Indonesia.

Cara Daftar dan Cara Membuat Blog di Blogger

Berikut ini langkah-langkah mudah cara mendaftar atau cara membuat blog dan masuk blog di Blogger:
Sebelum mendaftar blog, anda harus memiliki email di Google atau Gmail. Email ini merupakan satu akun untuk semua layanan Google. Jadi sangat efektif praktis sekali pada saat anda harus login ke Gmail, Blogger, Youtube, Google Playstore dan layanan Google lainnya pada satu komputer yang terhubung ke internet.

Membuat Email di Gmail

Untuk cara mendaftar atau membuat email Gmail baru, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Buka alamat web Gmail yaitu https://www.gmail.com atau https://accounts.google.com

Gmail
Gmail

Klik pada tombol Create an account, kemudian lanjutkan dengan cara mengisi formulir seperti berikut ini:

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Gmail
Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Gmail

Lanjutkan pendaftaran dengan cara klik pada tombol Next step, biasanya anda akan ditawarkan untuk membuat dan edit profile Google+, anda bisa melakukan skip ataupun langsung melakukan pembuatan profile dengan cara klik create your profile.

Membuat Profile Google+
Membuat Profile Google+

Setelah membuat profile Google+ dengan cara klik create profile Google+ atau mungkin anda melewatkannya dulu dengan cara klik tombol No thanks atau skip (anda bisa membuatnya belakangan setelah membuat blog selesai), maka selanjutnya anda akan diantarkan ke halaman untuk melanjutkan ke Gmail.

Continue untuk Melanjutkan ke Gmail
Continue untuk Melanjutkan ke Gmail

Perhatikan contoh nama atau alamat email yang berhasil kita daftarkan yaitu namaagan@gmail.com. Sampai di sini sebenarnya anda sudah berhasil melakukan pendaftaran email Google atau Gmail. Langkah berikutnya klik Continue to Gmail, maka anda akan diantarkan ke halaman Gmail. Ternyata mudah sekali cara melakukan pendaftaran untuk mendapatkan sebuah account Google yang nantinya akan kita gunakan untuk semua layanan Google termasuk membuat blog secara gratis di Blogspot atau Blogger.

Halaman Gmail
Halaman Gmail

Setelah memiliki email Gmail, selanjutnya kita lanjutkan dengan cara membuat blog gratis dengan mudah di Blogger.

Cara Mendaftar di Blogger untuk Membuat Blog Gratis

Bukalah alamat website Blogger yaitu http://www.blogger.com lalu masuk ke blogger dengan cara login atau Sign in menggunakan account email Gmail yang sudah kita buat tadi.

Login ke Blogger dengan Gmail
Login ke Blogger dengan Gmail
Untuk pertama kali masuk ke blog atau halaman dashboard Blogger, kita disarankan untuk melakukan setting Opsi Profile dengan dua pilihan yaitu dengan Profile Google+ atau membuat Profile Blogger Terbatas.

Opsi Profile Blogger
Opsi Profile Blogger
Sampai langkah ini dan selanjutnya silahkan lihat video tutorial Cara Membuat Blog Gratis di Blogger, supaya tidak ada langkah yang terlewat dan nanti setelah video ini selesai kita akan membahas tentang cara mempercantik blog dengan mengganti tampilan atau template blog menggunakan template yang responsive dan keren tentunya.


Video Tutorial Cara Membuat Blog Gratis di Blogger


Dari video ini kita sudah sampai berhasil melakukan cara membuat sebuah blog pribadi (personal blog), serta dijelaskan cara membuat postingan sebuah contoh artikel dilengkapi gambar, mengisi label, lokasi dan search descriptionnya. Dan yang terpenting dalam kegiatan blogging adalah menulis, jadi setelah mempunyai blog silahkan anda isi dengan tulisan atau postingan berupa artikel lengkap dengan gambar ataupun video dan media pendukung lainnya. Ide dan tema tulisan yang baik adalah yang anda kuasai dan senangi sehingga kegiatan menulis di blog bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mudah-mudahan apa yang kita share di blog bisa dibaca bahkan bermanfaat bagi semua orang. Dan jangan lupa banyak blogger Indonesia yang sukses dengan cara mendapatkan uang dari blog dengan membuat blog yang bermanfaat bagi orang lain. Biasanya para blogger profesional ini memposisikan dirinya sebagai publisher iklan seperti dari Google Adsense atau sebagai internet marketer lainnya.

Cara Mengganti Template Blogger dengan Template Responsive Supaya Tampilan Blog Menjadi Keren

Berikutnya kita akan membahas tentang Cara Mengganti Template Blogger dengan sebuah template responsive. Mengapa kita harus menggantinya dengan template yang responsive?. Template Blogger Responsive adalah template yang memungkinkan tampilan blog menyesuaikan dengan resolusi layar dimana blog dibuka atau diakses. Misalnya ketika kita membuka blog dengan komputer dan monitor dengan resolusi 1024pixel maka tampilan dengan 2 kolom, ketika kita membukanya dengan resolusi layar yang lebih kecil seperti 764pixel tampilan blog menyesuaikan menjadi 1 kolom. Dengan demikian blog yang kita buat ini bisa tampil dengan indah baik landscape ataupun portrait di segala perangkat termasuk smartphone, tablet, ipad dan sebagainya.

Sebaiknya memang disarankan kita belajar cara mendesain blog sendiri untuk mempercantik blog yang kita miliki supaya pengunjung atau pembaca blog merasa nyaman berlama-lama membaca semua konten blog kita. Tapi jika kita tidak bisa atau tidak tahu cara membuat atau cara mengedit sendiri template blognya kita bisa menggunakan template blog gratis dan mendownloadnya di internet. Sebagai contoh kita akan menggunakan sebuah template resposive gratis untuk mengganti template blog bawaan Blogger yang kita bahas pada video di atas. Selengkapnya silahkan lihat video lanjutannya berikut ini:

Video Tutorial Cara Mendownload dan Mengganti Template Blog Responsive


Demikian tutorial Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dengan Template Responsive Keren, mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat bagi anda yang akan membuat blog. Segala komentar, masukan, saran ataupun kritik dari anda akan sangat berharga untuk perbaikan blog ini. Salam Netter. :)

0 Response to "Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dengan Template Responsive Keren"

Post a Comment