Membuat Bahan Ajar Berbasis Video

Membuat Bahan Ajar Berbasis Video. Seperti kita ketahui bahwa salah satu pengertian bahan ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran. Bahan yang dimaksudkan dapat berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis. Pandangan dari ahli lainnya mengatakan bahwa bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis, baik tertulis maupun tidak tertulis, sehingga tercipta suatu lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa belajar.

Dilihat dari sisi fungsinya, fungsi bahan ajar adalah sebagai sumber belajar secara langsung (bahan ajar utama yang menjadi rujukan wajib dalam pembelajaran, contohnya buku teks, modul, handout, dan bahan-bahan panduan utama lainnya) dan sumber belajar secara tidak langsung (bahan penunjang yang berfungsi sebagai pelengkap, contoh: buku bacaan, majalah, program video, leaflet, poster, dan komik pengajaran).

Klik Info Net kali ini ingin berbagi tips mengolah informasi dari berbagai media video seperti televisi ataupun media online shared video dari internet misalnya Youtube untuk dijadikan sebagai bahan ajar berbasis video.
Kita bisa menggunakan bahan ajar untuk kegiatan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan teknologi dan informasi (TIK). Model pembelajaran ini memang termasuk ke dalam model pembelajaran pelengkap yang bersifat metode alternatif. Bahan ajar ini bias kita kemas sebagai video tutorial yang bisa kita sesuaikan dengan topik mata pelajaran yang cocok untuk dilengkapi dengan penyampaian materi dengan audio visual.

Dengan bahan ajar seperti ini tentunya diharapkan bisa lebih meningkatkan motivasi belajar peserta didik, tidak cukup hanya mengandalkan media atau metode belajar pokok yang berupa media cetak seperti : buku, handout, modul atau lembar kertas kerja, sudah saatna harus ada media alternatif lain untuk mampu memicu proses kognitif, afektif dan psikomotorik siswa didik ketika mengikuti perkuliahan.

Kita bisa mencoba mengembangkan bahan ajar berbasis video ini sebagai inovasi pembelajaran agar terkesan lebih menarik dan mampu merubah sikap dan persepsi siswa didik selama ini khususnya dalam mengikuti pembelajaran di kelas, dan pada akhirnya diharapkan akan memberikan kontribusi berupa sebuah media yang lebih familier bagi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan dan prestasinya.

Sebenarnya pembelajaran yang melibatkan teknologi informasi dan komputer ini sudah tidak asing lagi. Dari sejarahnya pembelajaran tengan pemanfaatan TIK ini semakin berkembang dengan pesat bahkan beberapa universitas maju di Eropa telah menerapkannya sejak tahun 1980 silam. Bahkan dengan perkembangan teknologi internet dan gadget serta akses internet mobile yang semakin maju, model pembelajaran berbasis video yang diintegrasikan ke dalam sebuah media online ini sangat mungkin dilakukan di jaman teknologi canggih seperti sekarang ini. Diharapkan dengan pembuatan bahan ajar berbasis video ini ada beberapa point tujuan yang bisa tercapai yaitu:
  1. Tersedianya media alternatif yang mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik 
  2. Tersedianya alat bantu pembelajaran berupa sebuah metode yang lebih mudah dipahami oleh peserta didik dalam menguasai materi pelajaran dalam kegiatan pembelajaran
  3. Menambah media pembelajaran selain yang sudah ada/dikenal selama ini di kelas.
  4. Terciptanya sebuah inovasi pembelajaran menggunakan perangkat bergerak seluler yang bersifat mobile sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan secara kontinyu oleh peserta didik ketika sedang berada di luar kelas, 
  5. Memberikan kontribusi bagi peningkatan kemampuan dan prestasi peserta didik dalam menyelesaikan studi.
Di Indonesia model pembelajaran bergerak dengan bahan ajar berbasis video tutorial masih jarang, meskipun telah ada beberapa sekolah dan perguruan tinggi ternama yang sudah menggunakan model pembelajaran ini. Tidak ada kata terlambat untuk memulai mewujudkan dan mengembangkan model pembelajaran ini demi untuk menambah motivasi dan peningkatan suasana belajar yang lebih baik lagi bagi kita semua.

Pembelajaran dengan Bahan Ajar Berbasis Video
Pembelajaran dengan Bahan Ajar Berbasis Video

Contoh Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Video

Berikut ini Klik Info Net akan mencontohkan salah satu cara pembuatan secara sederhana dengan menggunakan sebuah software/aplikasi gratis Ashampoo Snap 7 (Ada banyak aplikasi video yang lain yang lebih bagus seperti Camtasia Studio, Adobe Premier, Adobe After Effects dan lain-lain).

Dengan Ashamphoo Snap 7 ini saja kita sudah bisa merekam atau meng-capture video berserta audionya yang bisa kita ambil dari siaran televisi online/streaming di internet atau video lain di media-media share video seperti Youtube atau website video lainnya.

Cara Merekam Acara TV dengan Ashampoo Snap 7
Cara Merekam Acara TV dengan Ashampoo Snap 7

Cara Merekam atau Meng-capture Video dengan Ashampoo Snap 7

Cara merekam video dari televisi/tv sreaming:
Bukalah beberapa alamat web tv streaming seperti Net TVTrans7TVOne dan lain-lain. Kemudian pilih menu Video Capture.

Menu Capture Video
Menu Capture Video

Opsi Area Capture Video dan Cek Record Audio
Opsi Area Capture Video dan Cek Record Audio
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorial cara merekam video acara tv dengan menggunakan Ashampoo Snap 7 berikut ini.


Untuk merekam video dari Youtube, caranya sama seperti pada tutorial di atas, atau bisa juga anda langsung mendownloadnya saja.

Link Download 

Berikut ini link download aplikasi untuk merekam video seperti pada tutorial di atas.


Setelah video berhasil kita rekam mungkin anda memerlukan pengeditan bagian-bagian video seperti memotong video, menyisipkan teks dan beberapa efek video. Ini bisa kita lakukan dengan menggunakan software video editing yang gratis/free seperti:
Software Video Editor Berbayar, diantaranya:
Tutorial video editing akan kita bahas di postingan selanjutnya.
Setelah video selesai kita buat, selanjutnya anda bisa insert ke aplikasi presentasi misalnya Microsoft PowerPoint atau menguploadnya di website e-learning sekolah, group belajar di Facebook atau menampilkannya langsung dengan aplikasi video player ke projector di depan kelas.

Sekian pembahasan tentang Membuat Bahan Ajar Berbasis Video. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Membuat Bahan Ajar Berbasis Video"

Post a Comment