Contoh Makalah Wawancara Kognitif

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Wawancara Kognitif

Contoh Makalah Wawancara Kognitif
Contoh Makalah Wawancara Kognitif

Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Wawancara Kognitif. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word. Isi makalah membahas tentang Metode Wawancara Kognitif sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Survey dalam Penelitian Pendidikan, serta pembahasan lainnya. 

Berikut ini adalah kutipan dari Contoh Makalah Wawancara Kognitif: Metode Wawancara Kognitif sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Survey dalam Penelitian Pendidikan;

Peningkatkan validitas dan reliabilitas penelitian merupakan bagian penting dari jawaban atas persoalan yang berkaitan dengan perlunya usaha-usaha dalam meningkatkan ketepatan dalam penelitian di bidang pendidikan khususnya. Survey sebagai salah satu bentuk penelitian deskriptif banyak dilakukan oleh peneliti di Indonesia, biasanya dalam skala besar dan bertujuan untuk mencari data pendu-kung dalam rangka penetapan suatu kebijakan pendidikan. Namun nstrumen pengumpul data yang digunakan dalam survey terkadang kurang memperhatikan validitas dan reliabilitas, sehingga banyak anggapan bahwa survey yang dilakukan hanya formalitas belaka.
Penggunaan kuesioner dalam survey memiliki banyak kelemahan, seperti jawaban responden yang asal-asalan, responden cenderung menjawab pertanyaan sesuai yang diinginkan secara sosial, responden menjawab apa yang seharusnya bukan apa yang sebenarnya, pertanyaan yang membingungkan cenderung dijawab asal-asalan atau dikosongkan, sehingga berakibat instrumen menjadi tidak valid. Pertanyaan dalam kuesioner terkadang tidak jelas maksudnya, bermakna ganda, mengandung istilah yang tidak lazim digunakan, sehingga menyebabkan kesalah-pahaman & kesalahan persepsi responden terhadap pertanyaan, sehingga akhirnya respon yang diberikan tidak sesuai dengan yang diinginkan peneliti.
Sehubungan dengan hal itu, ada satu metode yang terbukti mampu me-ningkatkan kualitas survey dengan memfokuskan pada peningkatan validitas dan reliabilitas pengukuran, serta memperkecil bias dan kesalahan pengukuran, yaitu dengan metode wawancara kognitif. Metode ini efektif dalam meninjau ulang pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam kuesioner, kemudian merevisi dan menga-dakan wawancara ulang. Metode wawancara kognitif merupakan sebuah pende-katan khusus yang efektif dalam menghindari penyimpangan yang paling mungkin muncul yang dapat mempengaruhi validitas dan merupakan cara mengungkap alasan-alasan yang dikemukakan oleh responden, mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan penelitian yang mengabaikan gagasan kritis atau yang mewakili pandangan yang menyesatkan terhadap topik yang mendasari pertanyaan tersebut. Bila responden salah paham terhadap pertanyaan yang ditanyakan yang berakibat salah dalam merespon, dapat terdeteksi melalui metode wawancara kognitif. 


Dan Contoh Makalah Wawancara Kognitif ini mudah-mudahan bisa menjawab pencarian anda dan menjadi tambahan referensi terkait dengan contoh makalah tentang wwancara yang banyak dibutuhkan diantaranya contoh makalah wawancara bahasa sunda, contoh makalah wawancara pedagang, contoh makalah wawancara wirausaha, contoh makalah hasil wawancara, contoh makalah hasil wawancara dengan pedagang, makalah tentang wawancara, contoh laporan wawancara, contoh laporan wawancara singkat dan lain-lain.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Wawancara Kognitif


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Wawancara Kognitif.docx

Demikian share file Contoh Makalah Wawancara Kognitif, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

    0 Response to "Contoh Makalah Wawancara Kognitif"

    Post a Comment