Download Contoh Bahan Ajar

Download Contoh Bahan Ajar. Kali ini Klik Infonet membahas tentang Contoh Bahan Ajar yang mungkin bisa dijadikan bahan referensi anda untuk menyusun bahan ajar terutama bagi anda yang bekerja di bidang pendidikan.

Contoh bahan ajar yang dishare oleh Klik Info Net adalah berupa contoh bahan ajar dalam file arsip yang bertujuan untuk membantu mempermudah anda mencari contoh untuk pembuatan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan di tempat anda mengajar.

Pengertian dan Fungsi Bahan Ajar

Ada banyak pengertian dari Bahan Ajar, berikut ini beberapa kutipan pengertian atau definisi Bahan Ajar sebagai gambaran seperti apa sebenarnya bahan ajar yang akan kita susun.

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran. Bahan yang dimaksudkan dapat berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis. Pandangan dari ahli lainnya mengatakan bahwa bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis, baik tertulis maupun tidak tertulis, sehingga tercipta suatu lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa belajar.
Bahan ajar merupakan bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis, yang digunakan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
Bahan ajar adalah merupakan materi ajar yang dikemas sebagai bahan untuk disajikan dalam proses pembelajaran. Bahan pembelajaran dalam penyajiannya berupa deskripsi yakni berisi tentang fakta-fakta dan prinsip-prinsip, norma yakni berkaitan dengan aturan, nilai dan sikap, serta seperangkat tindakan/keterampilan motorik. Dengan demikian, bahan pembelajaran pada dasarnya berisi tentang pengetahuan, nilai, sikap, tindakan dan keterampilan yang berisi pesan, informasi, dan ilustrasi berupa fakta, konsep, prinsip, dan proses yang terkait dengan pokok bahasan tertentu yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Contoh Bahan Ajar
Contoh Bahan Ajar

Fungsi bahan ajar adalah sebagai sumber belajar secara langsung (bahan ajar utama yang menjadi rujukan wajib dalam pembelajaran, contoh: buku teks, modul, handout, dan bahan-bahan panduan utama lainnya) dan sumber belajar secara tidak langsung (bahan penunjang yang berfungsi sebagai pelengkap, contoh: buku bacaan, majalah, program video, leaflet, poster, dan komik pengajaran).

Selengkapnya tentang Pengertian Bahan Ajar, Fungsi Bahan Ajar, Peran Bahan Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran, Karakteristik Bahan Ajar, dan lain-lain silahkan lihat di sini (download file-nya dalam format doc Microsoft Word).

Secara singkatnya bahan ajar biasanya terdiri dari beberapa aspek yang mencakup:
  • Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat
  • Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
  • Tujuan yang akan dicapai
  • Informasi pendukung
  • Latihan-latihan
  • Petunjuk kerja
  • Penilaian

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh bahan ajar yang bisa anda download untuk bahan referensi dalam penyusunan bahan ajar anda.
Download Contoh Bahan Ajar di Google Drive
Download Contoh Bahan Ajar di Google Drive

Download Contoh Bahan Ajar dalam Format File Document Microsoft Word

File contoh bahan ajar ini disimpan dan di-share public di Google Drive. File yang akan anda download dijamin aman karena sudah melewati proses scan virus oleh Google Drive. Silahkan klik link di bawah ini untuk download file doc contoh bahan ajar:


  1. Contoh Bahan Ajar.doc
  2. Definisi Bahan Ajar.doc
  3. Pembuatan RPP dan Bahan Ajar Berbasis KTSP.doc
  4. Bahan Ajar Berbasis Karakter.doc
  5. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif

Contoh bahan ajar per kelas dan mata pelajaran lainnya akan segera ditambahkan. (Pastikan anda berkunjung kembali ke sini untuk mendapatkan update terbaru contoh bahan ajar yang bisa anda download)

Contoh Bahan Ajar:

  1. Contoh Bahan Ajar Bahasa Indonesia
  2. Contoh Bahan Ajar Bahasa Inggris
  3. Contoh Bahan Ajar Matematika
  4. Contoh Bahan Ajar IPA
  5. Contoh Bahan Ajar IPS
  6. dan lain-lain
(Masih dalam tahap penyusunan dan akan segera di-update)

Semoga informasi tentang Download Contoh Bahan Ajar ini bisa bermanfaat. Salam.

0 Response to "Download Contoh Bahan Ajar"

Post a Comment